22.1.12

Pengalaman di Kelas 9

Well, emang bener ya, yang namanya perubahan itu nggak mudah dan nggak gampang (loh?). Tapi mau nggak mau kita sebagai manusia emang wajib kudu dan harus nerima sama yang namanya perubahan. Apalagi perubahan dari kelas 8 ke kelas 9. Pengalaman enam bulan lebih di kelas 9 udah berhasil ngajarin gue banyak hal, sekiranya ada dua hal utama yang gue dapet selama kelas 9.

First of all, gue diajarin ikhlas menerima capek dan lelah yang gue dapatkan setiap harinya. Beneran deh ya, ini bukan cuma isu semata atau bohongan, tapi kelas 9 itu jadwal jadi Super padat (with capital S) dan Super melelahkan. Bisa bayangin capeknya bangun jam setengah lima pagi saat orang-orang masih berguling-guling di surga dunianya (baca: kasur) sedangkan gue udah showeran sambil merem dan jam lima paginya gue udah berangkat menuju Labschool. Sepulang sekolah bukannya langsung pulang ke rumah selayaknya gue waktu kelas 8, tapi malah Inten atau nggak privat dan baru selesai jam delapan dan baru sampai rumah sekitar jam sembilan, itupun kalo nggak macet. Belum lagi kalo besoknya ulangan, gue harus bangun pagi-pagi jam dua terus belajar. Mending kalau ulangannya cuma satu, kadang-kadang tau sendirilah guru kan emang tegaan orangnya tuh, nah, tanpa dugaan dia suka ngasih bonus dapet satu gratis tiga alias ulangan nya sehari bisa ada tiga. Empat kata: MATI. Tapi apa mau dikata, emang udah kewajiban kita sebagai murid buat belajar dan ngerjain tugas. Jadi, yaa mau gimana, dong? Jalan satu satunya adalah menerima dengan lapang dada untuk semua yang udah dikasih ke kita, toh kita sendiri yang akan mengambil hasilnya, betul apa betul?

Second, gue diajarin tentang Push Push Push, yaitu memaksa diri gue sendiri buat belajar atau ngerjain tugas. Bisa bayangin kan kalo misalnya gue nggak maksa diri gue sendiri apa jadinya semua tugas sama ulangan-ulangan gue? Udah capek pulang les, masih aja harus belajar. Kalo gue nggak maksa diri gue sendiri buat belajar atau ngerjain tugas, pasti gue pulang les udah langsung on the way alam mimpi dan besoknya bakal megap-megap gara-gara belum belajar atau ngerjain tugas. Dan menurut gue, perasaan megap-megap takut dapet nilai jelek dan dimarahin guru itu nggak enak banget. Selain itu, kalo misalnya gue terus males-malesan nanti nilai rapot gue gimana? Mau masuk SMA mana? Apa bales budi gue ke bokap nyokap? Nah, makanya itu, mendorong diri sendiri buat belajar dan ngerjain tugas itu sesuatu yang penting banget, apalagi semenjak gue kelas 9.

Itu dua hal utama dari banyak hal yang udah gue dapet di kelas 9. Emang gue akuin, kadang males emang suka dateng setiap saat tanpa diundang, tapi kalo malesnya diterusin kapan gue berhasilnya? Nah, makanya itu gue dipaksa keadaan buat ikhlas menerima capek dan lelah juga harus memaksa diri gue sendiri dalam belajar atau ngerjain tugas. Dan hal-hal itu emang hal-hal baik yang bisa gue ambil dari semua hal-hal yang melelahkan dari hari-hari yang udah gue jalanin di kelas 9 ini.

No comments:

Post a Comment